Sabtu, Agustus 16, 2014

Agama itu Jalan Kebaikan

Selama ini saya hanya berdemo dalam hati bahwa “It’s not Islam” bila ada tindakan Radikal, Brutal, Masif cenderung Barbar dan dilegitimasi sebagai salah satu wujud lain Agama yang saya anut, Islam. Tapi kini rasanya sudah sebeeellll banget terhadap mereka yg ikut andil menjadi sebab orang diluar Islam dengan ringan-nya memberi stigma negatif terhadap Islam, entah lewat tindakan, ucapan, kesimpulan versi sendiri dgn melihat tindakan umat Islam lain yg tidak dibenarkan lalu disimpulkan sebagai bentuk ajaran Islam yg sesungguhnya untuk selanjutnya distempel Minus serta istilah sejawatnya.

Agama itu Lemah Lembut
Tidak ada satu ajaran agama-pun di dunia ini yang me-legal-kan penganiayaan, pen-dzoliman, pembunuhan, dan tindak kejam lainnya, baik terhadap mereka yg sama agamanya ataupun yg beda! It’s absolutely right!

Saya tidak sedang berbicara atau supporter Islam aliran A, B, C, atau Organisasi Islam lainnya yg pada dasarnya bertujuan Baik dan Mulia, Ber-Tauhid hanya kepada Allah! Saya sebagai Muslimah-pun mendukung perjuangan pribadi2 hebat yg berupaya konsisten dan konsekuen di Jalan Allah

Namun saya pun juga bukan pribadi yang menelan utuh konsep bahwa Ber-Tauhid pada-Nya lantas legal aniaya terhadap sesama yang belum/tidak mendapat Hidayah-Nya. Ataupun men-Judge mereka yg ingin menegakkan hukum Islam secara Kaffah sebagai Kelompok yang Pasti Salah bila ada tuduhan yg diarahkan kepada saudara seiman saya tersebut bila mereka melakukan perilaku dan tindak kekerasan, Karena bisa saja itu juga bukan mereka to?

Hal penting menurut saya dalam penegakkan ajaran Islam ialah patut diawali dengan Disiplin pribadi agar tak menyimpang dari Koridor-Nya! Disiplin disini saya maknai sebagai upaya mampu melihat Islam secara utuh lo! bukan karena dia merasa paling paham agama lalu paralel memvonis diri pasti benar tindakannya serta menganggap mereka yg tidak sama jalurnya patut dibumi hanguskan, sah untuk diintimidasi, serta halal darahnya untuk dihabisi!

Hingga saat ini saya-pun masih bingung dengan mereka yg atas nama Jihad justru meniadakan saudara se-iman. Sedih rasanya kami menjadi subjek sebagai Pelaku dan juga Korban! Dari SD, SMP, SMK, Kuliah, Pengajian, dan aktivitas pendidikan informal lainnya yg selama ini saya kecap, tak ada satupun dalam ajaran Islam yg melegalkan aniaya terhadap ciptaan-Nya! Rasulullah baru mengangkat Pedang saat Allah perintahkan! Rasulullah dan sahabat benar berperang karena mereka diserang!

Melalui media ini saya hanya ingin meluruskan bahwa dalam Islam lewat Firman-Nya lantang mengumumkan bahwa “untukmu agamamu dan untukku agamaku”, “Tidak ada paksaan dalam Agama” sehingga bila ada (siapapun yah!) bertindak kejam, memaksa, mengintimidasi sesama dgn dalil Jihad, mampu menghilangkan nyawa sesama, men-cap mereka yg bukan dlm golongannya sebagai bagian dari kumpulan mereka2 yg salah dan layak di-dzolimi maka Pleaseeee It must be totally wrong guys! Biarlah Allah, Tuhan yg layak mengadili kita ini Salah atau Benar, sesuai atau tidak sesuai dengan Jalan-NYA! Masa itu pasti akan tiba kok.

Jihad bukan Radikal!
Tentu lain halnya bila berbicara Palestina atau dibelahan bumi manapun dimana penegakan Islam bukanlah hal yg freedom barulah beralih bahasan soal Jihad dalam berperang
Kita hendaknya patut aware terhadap mereka (sekali lagi, siapapun yah!) yg berikrar baik ucapan atau tindakan mengatasnamakan Islam, berupaya memuliakan Islam namun secara sah dan meyakinkan juga diragukan totalitasnya dalam agama karena justru hanya berbuat kerusakan terhadap sesama yg terlihat sebagai fakta konkret!

Jihad sesungguhnya adalah upaya pemenangan terhadap yg Baik! Anda menolak Korup itu Jihad, Jihad adalah juga sikap takut miskin sehingga memaksimalkan diri sejahtera agar bisa lebih manfaat terhadap sesama, Melawan kemalasan agar bersegera bertindak baik adalah juga Jihad, dan saudara kita di Palestina dengan perlawanan gigih-nya juga jihad!

Para pembaca yg baik (siapapun anda) saya yakin berkemampuan untuk memahami makna Jihad sesungguhnya yang akhirnya juga mengerti perihal sesungguhnya mengenai sekuel aksi Radikal, Teror, anarkis, bahkan Makar!   

Allah itu besar kuasa-NYA, dan dengan kehendak-NYA mampu merilis satu agama saja, tapi kehebatan-NYA justru Ia mengijinkan varian Ras, Suku, Kepercayaan, Budaya, Nilai Sosial, Agama, dll! Tentu bukan tanpa tujuan to??? Dan bukan Maksud-Nya agar kita memaknai kitalah yg menjadikan sesuai kehendak-NYA lantas boleh berbuat kejam!

Saya sampaikan maaf terbesar saya, bila ada part dalam tulisan ini menyinggung, tidak berkenan, atau bahkan perlu koreksi besar. Sebagai Muslimah saya juga ingin andil dalam proses kebaikan. Melihat hiruk pikuk tindakan anarki atas nama Islam sudah strata masif maka menjadi suatu kewajaran bagi saya menjadi Partisipan yg menginginkan Islam sesuai Fitrahnya yakni sebagai agama yg memberi Rahmat bagi alam. Adalah juga lumrah bila saya setuju Islam ditegakkan secara kaffah sesungguhnya, namun demikian saya tidak akan sepaham bila penegakan Islam itu nyata2nya keluar dari makna Kaffah itu sendiri serta justru beriringan dengan kerusakan bagi sesama bahkan semesta!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Imunisasi Guin : MR @RSBK

Bismillah, Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarakatuh Alhamdulillah, Sabtu 04 Agustus 2018 lalu, Guin di usia 9 bulan (kurang bebera...