Persiapan Persalinan - Estimasi Biaya Bersalin @RSIA Budi Kemuliaan

Alhamdulillah ala kulli hal, sambil menunggu debay launching, kali ini saya mau share sedikit soal estimasi biaya persalinan yang saya dapat dari RSIA Budi Kemuliaan, RS yang selama ini saya jadikan tempat pemeriksaan anak kedua saya dan Insya Allah tempat bersalin debay nanti. Ini penampakan price list-nya...

Dulu saya bingung kok gak ada keterangan kelas - kelasnya yah...? ternyata langsung dengan namanya dan dalam lembar info harga itu pake acara disingkat - singkat lagi nama kamarnya #EtaTerangkanlah. Berhubung saya gak enak kan nanya - nanya banyak, jadi saya langsung aja tanya kelas I itu yang mana karena jatah dari kantor misua lewat asuransi Mandiri In Health saya dapat kelas I. Awalnya saya tanya kelas dua yang mana daftar harganya, karena saya gak ngeh kalau kartu Mandiri In Health saya ternyata adalah Kelas I (Haduuuhhh.... kartu yang saban hari mengisi dompet aja gak apal kelas kamar-nya... qiqiqiqi....) Informan mbak suster bilang kalo kelas II yang ini (sambil menunjuk kolom tertanda "LRS") adalah sebesar Rp. 5.599.000,- apabila tindakannya spontan.

Jadi, Biaya Rp 5.599.000,- adalah biaya persalinan normal dengan perawaratan dan tindakan selama 2 hari Ibu dan debay di kelas II. Biaya ini belum termasuk test lab atau obat - obatan lain loh jeung... pas saya tanya biaya lain2nya itu berapa aja, si mbak suster informan gak bisa menjawab (ya mungkin memang instruksi RS.nya) alasannya cukup logis sih..., karena setiap ibu dan bayi berbeda penanganan dan obat - obatannya, disesuaikan dengan kondisi ibu dan bayi masing - masing, maka harga sangat mungkin tidak sama. But, saya tetep aja berjuang tanya ;

"Ya udah mbak kira2 aja gitu, biasanya normal atau standar-nya berapa biaya obat - obatan atau lainnya?"

Dan mbak suster tetap dalam jawabannya gak bisa info..., mungkin si mbak suster takut juga sih salah kasih info atau info yang dia berikan jadi patokan si calon pasien nanti..., berabe juga kan kalo pasien udah nge-patok harga yang si mbak suster tadi bilang (walau cuman estimasi) padahal saat hari-H.nya bisa jadi gak segitu to?.

Akhirnya? ya sudahlah saya kalkulasi sendiri dengan mengingat - ingat harga di RS lain. Yap, tahun lalu (2016) saya pernah tanya ke RS Hemina Daan Mogot karena hamil anak pertama saya dulu, Zano periksa hamilnya disitu. Sama sih polanya dengan RSIA Budi Kemuliaan, RS Hermina Daan Mogot memberi Price List diluar biaya tambahan lain seperti obat - obatan atau test lab lainnya. Tetapi waktu itu si mas informan-nya masih bisa memberi estimasi biaya lain - lainnya yang dia bilang berkisar 2 jutaan (minimalnya), dan bisa juga lebih. Semua bergantung pada kondisi pasien.

Baiklah sedikit ada pencerahan, namanya juga estimasi kan yah... berarti kalo saya ambil kelas I di RSIA Budi Kemuliaan maka kudu ready dana Rp 6.161.000,- dan siapin lagi sekitar 2-3 juta untuk tambahannya, dengan catatan itu lahir normal tanpa penyulit atau pakai acara pilah - pilih dokter, karena kalo kita maunya dokter pilihan sendiri bukan yang in charge saat itu ya harganya bukan segitu (ini yang saya dengar terakhir kali loh ya..., kudu confirm lagi bila moms memang memilih bersalin disana). Wah... lumayan yeee biaya persalinan normal di RS..., kerasa banget bagi saya dan misua karena Kartu Asuransi Mandiri In Health saya menggunakan sistem Reimbursement untuk persalinan..., jadi sudah kebayanglah yaaa kudu nge-bopong doku sendiri dulu ke RS, Alhamdulillah tetap kami syukuri, toh selama periksa banyak pula yang sudah di-cover dan amat sangat membantu. 

Tentu masih ada celah bisa menggunakan BPJS bila nanti saya benar menggunakan tindakan Operasi Sesar dengan riwayat IUFD pada persalinan anak pertama saya. Kenapa gak dari awal pakai BPJS? ya karena bila menggunakan kartu BPJS, maka faskes pertama saya rujukannya pasti ke bidan dulu, dan selama bidan masih bisa menangangi maka tidak mungkin di rujuk ke RS!, padahal dengan riwayat persalinan lalu tentu saya ingin lebih ketat atau istilahnya dipantau lebih dibanding dengan bumil lainnya yang menjalani proses melahirkan normal dan baby.nya hidup lagi sehat, mulai dari periksa hingga bersalin nanti.

Meski sekarang saya sudah pindah faskes dan faskes saya kini tidak punya bidan mandiri atau rujukan yang artinya pula saya bisa langsung ke RS, tetapi faskes yang saya pilih hanya merujuk pada 9 RS dimana Budi Kemuliaan tidak termasuk di dalamnya (walau Budi Kemuliaan menerima pasien BPJS), mungkin karena Budi Kemuliaan itu RS yang berada di luar wilayah Jakarta Barat kali yah... karena saya amati 9 RS rujukan faskes saya itu kesemuanya berada di area Jakarta Barat, termasuk ada dalam daftar adalah RS Hermina Daan Mogot. Karena saya gak mau lagi pindah - pindah RS (rekam medisnya jadi gak runut), jadilah saya tetap meneruskan pemeriksaan saya dan bersalin nanti di RSBK dengan In Health, mudah2an bisa pakai BPJS bila opsi sesar diambil karena saya mengambil sesar kan juga bukan opsi maunya sendiri, tetapi ada riwayat obstetri buruk di persalinan lalu saya.

Okay balik lagi..., setelah saya pahami, singkatan "LRS" dalam daftar price list itu singkatan dari Kamar Kelas II yang bernama "Larasati", kalau yang kelas III "SKD" atau "Srikandi", Kelas I "PGW/ARM" atau "Pergiwa/Arimbi". Detail lainnya atau penampakan kamar - kamar rawat inapnya silahkan moms cekidot langsung ke TKP, di web-nya rsiabudikemuliaan.com yah.

Baiklah, itu yang bisa saya share kali ini, mudah2an membantu para moms yang saat ini sedang hunting RS untuk bersalin nanti, at least untuk gambaran sederhana saat ini mengenai estimasi biaya melahirkan di RS, khususnya di RSIA Budi Kemuliaan. Insya Allah bila saya sudah kelar bersalin dan mengetahui keseluruhan biaya fixed-nya, saya akan tulis dimari.

Terimakasih ya atas kunjungannya :-)

Komentar

  1. nunggu cerita setelah melahirkan ah. sampai biaya nya ya mom, biar bisa memperkirakan biaya melahirkan di budi kemuliaan. soalnya yang di berikan diluar harga obat dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Assalamualaikum Mas Dzul, maaf ya baru tau ada pesan dan baru sempat membalas :-). Alhamdulillah saya sudah melahirkan, Sesar dengan BPJS. Total Biayanya 16 Jutaan, 12 Juta dicover BPJS, dan 4-jutanya reimbursement lewat asuransi pendamping misua (Mandiri In Health). Belom saya upload kisah lengkapnya hehehe..., itu yang bisa saya informasikan. Terimakasih banyak ya sudah berkunjung :-)

      Hapus
    2. Fitunggu cerita setelah melahirkanya dan proses apply bpjsnya ya ☺️

      Hapus
    3. Insya Allah akan saya publish, makasih ya sudah maen2 ke blog saya, salam kenal 😊

      Hapus
    4. Salam kenal Mba.. aq penasaran jg nih sm syarat & proses apply bpjs.. d tunggu sharing ceritanya ya

      Hapus
    5. Salam kenal kembali ya mbak, Alhamdulillah nggak ribet kalo kita sudah punya bpjs. Di RSBK ada departemen sendiri untuk yg menggunakan BPJS. Kalau prosedur yg saya jalani langsung ke bagian bpjs di rsbk (suami yg mengurus), tidak ke faskes 1 krn kondisi saya saat masuk rsbk sudah ada indikator air ketuban rembes, jadi masuk kategori urgent. Untuk bpjs bayinya, suami saya langsung mengurus hari itu juga saat bayi lahir di matraman dan langsung jadi, krn debay saat itu belum punya bpjs sendiri (krn ikut kantor misua). Sedikit yang bisa saya share, mudah2an ada gambarannya yah, makasih banyak sudah mampir :-)

      Hapus
  2. Assalamu'alaikum mbk..
    Karena saya orng baru di Jakarta, ad rencana lahiran di Budi kemuliaan.
    Namun saya adalah pasien bpjs dan saya ssh di vonis sc, mengingat jarak anak pertama sangat dekat. Apakah dsni pro bpjs mbk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikumussalam mbak Novy, kalau dari pengalaman saya yang memang dari 0 bulan periksa kehamilan dan melahirkan disan, rsbk termasuk kooperatif dengan pasien bpjs, saya sama sekali tidak merasa ada diskriminasi, bila ada hal yang belum sempurna 1 atau 2 hal saya bisa maklum dan masih dalam toleransi. Demikian yg bisa saya bagi, maaf banget ya telat membalas :-), dan makasih banyak sudah berkunjung :-)

      Hapus
  3. Maaf kalo boleh tau kenapa ada biaya yg tdk dicover BPJS. Apakah naik kelas rawat atau request dokter saat tindakan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Pak Indra, maaf baru membalas. Yap! saya menduganya demikian. Saat saya memilih menggunakan bpjs, dari pihak rs menginformasikan harus pindah kelas (kenapanya saya tidak bertanya lebih lanjut), jadi saya pindah kelas dr yg ke kelas 2 ke kelas 1. Dan dalam status pasien saya ada tertulis meminta dokter tertentu selama perawatan, saya kurang setuju tapi saya maklum. Jadi saat saya masuk rs, saya ditanya mau dengan dokter siapa? krn urgent saya menjawab dengan dokter siapa saja yg In Charge saya mau, tapi mbak perawat kan juga tau saya salah satu pasien dokter tertentu disana, mbak suster menawarkan "kalau mau dengan dokter bund ya nggak pa2" awalnya saya tetep menjawab dengan dokter siapa aja krn saya ingin ditangani segera, tp mbak suster tetap memberi opsi bahwa bisa kok dengan dokter yg selama ini saya konsul, ya sudahlah saya mau, akhirnyaaaa ya di status pasien saya ada tulisan demikian :-D, saya maklumi saja dan kami anggap itu adalah salah satu bajet persalinan yg harus kami keluarkan, overall baik semuanya. Makasih Pak sudah berkunjung :-)

      Hapus
  4. mbak mau nanya, saat persalinan di RS Budi Kemuliaan apa saja yang diberikan oleh pihak RS, seperti kendi dan baju bayi saat perawatan dll.?? thanks

    BalasHapus
  5. Yap, untuk baju debay semua disediakan oleh rsbk, kita cukup membawa pakaian debay untuk pulang saja. kalo untuk jaga2 boleh2 saja, tapi pengalaman saya saat itu untuk debay yg terpakai hanya 1 buah bedong dan satu setel baju, itupun dipakai saat pulang, selimut debay pun hanya saya pakaikan pas pulang. Jangan lupa bawa salinan untuk kita yg cukup. Untuk masalah ari2 pihak rsbk mengenakan biaya lagi sebesar 150/200ribu (saya lupa), dgn bayar segitu ari2 sudah bersih tinggal bawa pulang (dipakaikan kendi), tp kata mertua saya yg bawa ari2 debay, dibersiin lagi sampe rumah soalnya kudu dibumbu2in lagi dan katanya mbersiinnya ngasal, ya namanya ortu saya ikut aja, bener apa nggak.nya saya gk bisa komen krn saya tidak melihat langsung. Makasih y sudah berkunjung :-)

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan Populer